Bagaimana Cara Instalasi Apache Tomcat 6.x di Windows

Apache Tomcat adalah salah satu web server atau servlet container yang banyak digunakan sebagai web server untuk aplikasi Java berbasis web, misalkan JSP (Java Server Pages), Servlet, JSF (Java Server Faces), dan sebagainya.



Apache Tomcat dikembangkan oleh Apache Foundation. Apache Tomcat merupakan web server yang bersifat open source.

Di bawah ini step by step cara instalasi Apache Tomcat di Windows
  1. Instalasi JDK

    Sebelum proses instalasi Apache Tomcat dilakukan, hal pertama yang harus dilakukan adalah meng-install Java atau JDK di Windows. Untuk Apache Tomcat 6.x mengharuskan untuk meng-install JDK versi 5 atau yang lebih tinggi.

    Silahkan anda baca tutorial saya tentang Langkah-Langkah Instalasi Java di Windows.

  2. Download Apache Tomcat

    Langkah kedua adalah download software Apache Tomcat 6.x di situs resminya, yaitu http://tomcat.apache.org/download-60.cgi.

    Download sesuai dengan jenis OS Windows anda (32 bit atau 64 bit). Ada 2 versi yaitu versi Installer dan versi Zip (Extract). Silahkan anda pilih sesuai dengan keinginan anda.

  3. Instalasi Apache Tomcat

    Karena ada dua jenis installer, untuk yang versi zip, Anda cukup meng-ekstract Apache Tomcat di direktori Windows anda, misalkan di C:\apache\Tomcat6. Untuk yang versi Installer, silahkan anda double click file installer (.exe). Langkah selanjutnya, anda tinggal ikuti instruksi selanjutnya.

  4. Menjalankan Apache Tomcat

    Untuk menjalankan Apache Tomcat 6.x. Caranya mudah, anda tinggal buka Command Prompt (cmd) kemudian masuk ke directori tempat instalasi Apache Tomcat, misalkan di C:\apache-tomcat-6.0.37 > bin. Kemudian ketikkan startup.bat dan tekan enter.

    C:\apache-tomcat-6.0.37\bin>startup.bat
    

    Untuk membuktikan apakah Apache Tomcat sudah terinstall dengan benar, silahkan anda buka browser kesayangan anda, kemudian ketikkan http://localhost:8080 pada URL toolbar. Apabila berhasil, maka akan keluar tampilan seperti gambar di bawah ini.



Sekian tutorial tentang Langkah-Langkah Instalasi Apache Tomcat 6.x di Windows. Semoga bermanfaat & Happy Learning.

Post a Comment